29 Oktober 2016

#travellingpart1 Bendung Menganti Dan Memory Masa Kecil

Bendungan utama
Udah lama memang bendung menganti dibangun, mungkin dari tahun 1989nan atau berapalah lupa lagi, waktu itu gue masih TK. Pas gue kecil bendung menganti yang memisahkan jawa barat dan jawa tengah ini tepatnya terletak di kab. cilacap dan kab ciamis. Ga jauh sih emang kalo dari rumah ortu gue ke sini paling 25menitan. Sedikit cerita ya, dulu bendungan ini dibangun jaman orde baru tujuanya untuk mengelola tata air biar ga terbuang percumah, dengan dibangunya bendungan ini perairan jadi tertata dan ter konsep dengan baik. Nah apa hubunganya ama kenangan masa kecil nih? oya dulu pas gue kecil belum jadi bapak-bapak kaya sekarang, kalo tamasya atau liburan selalu kesini, kalo dulu rame bersih seneng banyak pedagang dan teratur itu sekitar taun 1990an lah, nah betapa kagetnya gue pas beberapa waktu yang lalu lewat dan ngeliat sekarang jadi semakin ga keurus, ya da sih perbaikan di sana sini tapi ya tambal sulam aja.

Bendungan ini selesai dibangun tepatnya tahun 1990 dan diresmikan langsung oleh presiden waktu itu yaitu Bpk H. soeharto yang datang langsung kelokasi. Gue masih inget banget orang tumpah ruah kaya lautan manusia pas peresmianya, gue aja di punggi ama om gue saking pengen liat presiden. Bayangin waktu itu ada presiden datang ke kampung gue ya jelas rame banget. Orang antusias waktu itu bukan cuma seneng ada bendungan dan irigasi baru tapi jugakarna ada presiden dateng. Pak harto datang dengan menggunakan 3 helikopter dan naik mobil golf menuju ke tempat plakat yang akan ditandatangani karna lumayan jauh, ntar fotonya ada ya tenang, tepatnya waktu itu tanggal 20 desember 1990 jam 10an kalo ga salah sih.
jalan dari heliped ke bendngan untuk presiden waktu itu (gambar oktober 2016)

helipad untuk pendaratan helikopter pak harto waktu itu (foto okt 2016)


Foto diatas gue ambil sendiri, sebagai orang asli sini gue prihatin banget liatnya soalnya inget pas masa-masa jayanya dulu rame riuh dan orang pun seneng berwisata kesini. sekarang ditumbuhin rumput dan semak belukar malah dipake jemur kayu ama penduduk (hadeh le le nasibmu itu lo). Disini biasanya rame akhir pekan sabtu minggu sekarang juga sama tapi udah bedakalo sekarang dipake pacaran anak alay ama cabe-cabean( jangan lirik ane loya ane bukan termasuk sayuran dan sejenisnya, ane ini blangkotan hahahaha) agak kotor juga sampah plastik.




sungai citanduy


plakat yang ditandatangani langsung pak harto


pendopo tempat plakat pak harto ysng sudah dipugar aslinya bukan itu
Gambar diatas gue ambil sendiri oia penampakan orang ga usah dianggap ya anggep aja semacam tumbuhan dan ongol-ongol itu cuma hiasan aja (aku mah apa atuh). Disini dulu masa kecil gue yang bahagia tanpa gadget dan sejenisnya, rame bro ada tukang dagang mainan dan lainya sekarang setelah pemugaran jadi gitu sih sepi, ramenya ama anak ABG pacaran. buat kalian yang main ke cilacap kususnya cilacap barat main-main kesini dijamin dapet pemandangan yang bagus, oia jawa barat jawa tengah cuma 1 menit lo hehehe soalnya kan keliatan cuma dibates sama sungai aja. untuk kesini kalo dari arah timur ngomong aja tujuan ke kecamatan cipari, nah dari cipari tanya lagi ke menganti udah pada tau, kalo dari barat (ciamis dan banjar patroman) juga sama tanya aja ke menganti udah pada tau ko, kalo dari banjar malah ada angkot jurusan mengati langsung.
===============================================================
Keterangan lokasi :
Fasilitas : Tempat duduk taman, warung, mushola, mck.
Kategori : gratis (bayar parkir kalo ada)
Ada apa aja : sewa kuda, roler coaster untuk anak, spot foto (cari sendiri), tempat duduk-duduk manja
Biaya makan warung dsb : murah antara 1000-15000 aja.
Waktu : yang rame pagi - sore, kalo mau malem silahkan tapi uji nyali.
 ===============================================================
Nah itu bro wisata di tempat gue yang lumayan bagus walo tadinya ga keurus tapi sekarang udah mulai ada renovasi sih, oia lupa itu dua tempat deng jateng jabar, mampir ya kalo ke cilacap, tunggu next travell gue ya hehehe ga tau kapan lagi sih. Makasih udah mampir bye bye.

2 komentar:

  1. Baru tahu soal tempat ini. Ahaha. Btw, gokil tuh Alm. Pak Soeharto naik 3 helikopter. Tajir abis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tau ndiri lah pak harto heheheheh...kan penguasa waktu itu..

      Hapus

Ikuti Saya Di G+