18 Februari 2018

FIFA Akui Indonesia Negara Asia Pertama Yang Ikut Piala Dunia

Ya apa kabar sob, semoga dalam keadaan yang baik, sebentarlagi piala dunia rusia 2018, nah kali ini saya (biasanya gue tapi kaya kurang srek) ingin membagikan informasi dan secuil pengetahuan sejarah yang mungkin belum banyak orang tau, atau tau tapi sedikit-sedikit. Yap info tentang negara asia pertama yang mengikuti perhelatan akbar sejagad ini, piala dunia memang menjadi magnet bagi kaum adam dan kini banyak juga kaum hawa yang mulai tertarik dengan dunia sepak bola. Kalau kita sekarang mengenal piala dunia dan dikaitkan dengan benua asia pasti sudah barang tentu orang akan membicarakan Korea dan jepang. Ets tunggu dulu apakah mereka memang negara asia pertama yang ikut piala dunia salah bro. Kita tarik sejarah piala dunia yang dimulai tahun 1930 di uruguay, piala dunia pertama ini dulu hanya diikuti 13 negara dari beberapa benua saja yaitu; eropa, amerika latin amerika utara dan tengah, Asia dan Afrika saat itu belum memiliki wakil.


Baru pada piala dunia ke 2 MEsir tampin untuk kali pertama mewakili benua hitam. Nah ini nih baru pada piala dunia ke 3 di prancis indonesia (saat itu indische nederlander) tampil sebagai wakil asia untuk kali pertama, dan baru-baru ini FIFA mentuitkan keabsahan indonesia sebagai wakil asia pertama, kita patut berbangga sebagai bangsa indonesia karena negara kita diakui FIFA sebagai negara asia pertama peserta piala dunia.Berikut daftar nama dan line up pelatih timnas saat itu:

Pelatih :
Johanes Van Mostenbroek

Line UP:
Achmad Nawir (pemain tengah lahir 1-1-1911)
Anwar Stan (pemain tengah lahir 21-3-1914)
Hans Taihitu (pemain depan lahir 1-1-1909)
Suvarte Soedarmaji ( 6-6-1915)
Hong Djien Tan (12-10-1912)
See Han Tan (1-1-1910)
Dorst (---)
Frans Hukon (---)
Frans Meeng (---)
G Faulhaber (---)
G van de Burgh (---)
Heng Somers (---)
J Harting (---)
Jack Samuel (---)
R Telwe (---)

VIDEONYA https://www.youtube.com/watch?v=_wIGY2c47jM

Namun sangat disayangkan saat itu indonesia langsung dikalahkan hungaria dengan 6-0 tanpa ampun pada tanggal 5 juni 1938 dan indonesia hanya bisa bermain sampai babak penyisian ini, Memang kalau menilik timnas kita yang sekarang sangat jauh dari harapan karena dilihat dari fasilitas saya pikir sudah banyak stadion megah dan tinggal pilih saja, begitu dimanjakanya timnas kita sebenarnya belum lagi iming-iming bonus ratusan juta yang di gelontorkan pemerintah untuk prestasi timnas kita, namun memang kita belum di berikan kesempatan untuk merasakan piala dunia ke 2 kalinya. Pendapat masbro dan mba bro gimana?

16 komentar:

  1. tapi itu dulu
    dan kalah juga
    semoga Indonesia cepat bangkit lagi

    BalasHapus
  2. Gak kebayang, dulu bisa masuk ke Piala Dunia, karena sudah pasti permainan bolanya bagus, eh sayangnya langsung dibantai 6-0 sama Hungaria. Lah bagaimana dengan sekarang?? Belum bisa masuk-masuk lagi ke Piala Dunia. SEmoga saja suatu saat nanti Indonesia bisa ikut ke penyisihan Piala Dunia, aamiin....

    BalasHapus
    Balasan
    1. amien mas...kita berdoa saja semoga timnas kita lebih baik dan baiklagi

      Hapus
  3. Semoga saja ini menjadi motivasi timnas untuk bangkit lagi
    tidak perlu jauh2 ke pialas dunia bisa perkasa di asia tenggara aj dan asia sdh cukup

    BalasHapus
  4. kala itu namanya masih "Hindia Belanda" ya bang...

    BalasHapus
  5. Yap, walaupun dulu memang sempat masuk, tapi peta dunia persepakbolaan sudah berubah. Mungkin jika dulu kita tidak terlalu lama dijajah, sekarang sudah bisa berjaya. Mungkin...

    Tapi ya entahlah, belum rezekinya kali mas,hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mungkin aja lah apasih yang ga mungkin di dunia ini

      Hapus
  6. Saya tidak suka nonton sepak bola dan hal-hal yang mengikutinya. Yang saya suka dari piala dunia adalah lagunya, itu saja.

    Maaf mas Alfan, saya komennya gitu soalnya nggak tahu harus komen apa. Mau lewat doang nggak komentar, nggak enak sama mas Alfan udah main ke rumah maya saya duluan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. santai saja mbak...kita sesama blogger saling silaturahmi aja itu yang lebih utama banyak temen banyak rejeki hehehe...ya memang rata2 kaum hawa tidak suka bola memang

      Hapus
  7. kapan ya indonesia bisa masuk, hmmm perlu banyak doa doa ni

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang penting kerja keras mas brooo mungkin suatu saat bisa masuk untuk ke2 kalinya

      Hapus
  8. wah Indonesia ternyata pernah juga ya ikut piala dunia ini, baru tau setelah baca ulasan ini

    BalasHapus

Ikuti Saya Di G+