Belahan Bumi Di Tugu Katulistiwa - Alfan Ismail Blog

4 September 2019

Belahan Bumi Di Tugu Katulistiwa

Lagi semangat ngeblog sehari bisa posting sampe dua kali. Kali ini saya travelling ke pontianak mengunjungi tugu katulistiwa. Tugu ini terletak 3 km dari pusat kota pontianak. Dibangun pertama kali tahun 1928 berbentuk tonggak dengan anak panah, kemudian di perbarui lagi tahun 1930 dengan ditambahkan tonggak dan anak panah, dan disempurnakan tahun 1938. Pada tahun 1990 tuku di renovasi dengan membuatkan kubah untuk melindungi tugu asli didalamnya dan membuat tugu duplikat yang 5 kali lebih besar dari tugu aslinya, dan diresmikan 21 september 1991. Dari kota pontianak saat ini dapat di tempuh dengan angkutan kota dan moda transportasi daring seperti gojek.




Didalam kubah bangunan utama terdapat tugu katulistiwa yang asli, dan foto sejarah dan kegiatan yang sering dilakukan disekitar tugu.Peristiwa penting dan langka yang sering terjadi di sini adalah kulminasi. Apa itu? kulminasi adalah dimana posisi matahari tepat berada diatas katulistiwa yang menyebabkan bayangan akan hilang baik itu benda atau manusia yang berada disekitar tugu ini. Peristiwa titik kulminasi Matahari itu terjadi setahun dua kali, yakni antara tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September.



Disekitar area ini juga banyak kios dan warung tempat makan dan tempat jual souvenir untuk oleh-oleh. tempatnya juga asri ada juga penyewaan mobil-mobilan untuk anak-anak. tempat parkirnya juga luas. kalo lurus keselatan ada sungai kapuas dan ada tamanya juga disitu. ketika saya kesana saya bareng dan ketemu sama rombongan dari jakarta juga. Nggak ada biaya masuk, tapi kalo bawa mobil bayar parkir. Oke sekian ya kalo mau kepontianak jangan lupa mampir kesini, karena kata orang kalo kepontianak tapi gak kesini namanya gak ke pontianak. 






6 komentar:

  1. Ternyata tugu yang diluar cuma replika yang lebih besar aja ya. Perlu dicatat waktu titik kulminasinya ya kalau berkunjung kesini.

    BalasHapus
  2. Betul mas Alfan, belum ke pontianak kalo belum ke sini

    BalasHapus
  3. nah aku suka nih kalo berkunjung sepi pengunjunng. haha... bebas. gak riuh gitu lho.

    BalasHapus