Kabinet Indonesia Maju, Upaya Terahir Jokowi!! - Alfan Ismail Blog

23 Oktober 2019

Kabinet Indonesia Maju, Upaya Terahir Jokowi!!

Beberapa hari lalu tepatnya tanggal 20/10/19 secara resmi presiden terpilih sekaligus presiden incumben ir. H Joko Widodo, telah resmi dilantik untuk kali kedua sebagai presiden RI. Setelah saya melihat tahun pertama dengan kabinet kerjanya, saya rasa jokowi selaku pimpinan dari kabinet jilid 1 telah memberikan segala upayanya untuk negeri tercinta kita ini. Terobosan yang paling populer adalah membangun beranda indonesia sebagai wajah indonesia yang sebenarnya, supaya negara tetangga tau betapa indah dan majunya negara kita ini. Nah kesempatan kali ini saya memiliki opini pribadi, bukan sebagai pendukung, ataupun orang yang kontra terhadap beliau, melainkan opini masarakat awam politik.


Saya lama di daerah timur, tepatnya didaerah papua barat. Saya bekerja disana untuk beberapa tahun. dan saya beberapakali menjumpai moment dimana pak jokowi hadir beberapa kali mengecek program yang beliau buat sendiri di periode pertama, benar atau tidak dilaksanakan oleh para pembantunya (mentri). Saat itu beliau mengecek program pembangunan 1juta rumah, dan penggunaan dana desa di kota sorong. Kemudian dilanjutkan memberikan bantuan pembangunan rumah untuk warga asli papua (suku moi).

Nah dari sini saya berkesimpulan memang program pembangunan yang indonesia sentris betul dilaksanakan oleh beliau, sampai beliau turun mengecek langsung ke lapangan meskipun itu di daerah, pun untuk daerah yang jauh seperti papua. Sekali lagi saya disini sebagai rakyat biasa yang mengikuti perkembangan berita. Kabinet untuk jilid 2 diberi nama indonesia maju, yang memfokuskan pembangunan SDM. Saya sangat setuju, setelah periode pertama digenjot habis-habisan pembangunan infrastruktur, sekarang memulai membangun SDM nya. kalo terealisasi cakep banget nih. Namun begitu bukan berarti di kepemimpinan pak jokowi tidak ada cela, kasus RASIS, disintegrasi juga kerap muncul, baru-baru di wilayah penajam paser yang nota bene calon ibukota baru negara, semoga hal-hal kecil yang memicu konflik dapat segera dihindari.

Menariknya lagi beberapa lawan politik yang lumayan keras berbalik mendukung bahkan menjadi bagian dari anggota kabinet indonesia maju, sampai bos startup gojek pun ditunjuk untuk menjadi mentri pendidikan. Kita patut tunggu gebrakan pak jokowi bersama para pembantunya yang baru, apakah akan menjadikan indonesia maju? nah teman apa pendapat kalian dikepemimpinan pertama pak jokowi yang sudah selesai, Puas gak? jawab di komen..

10 komentar:

  1. Saya sebagai Rakyat Mengucapkan Selamat Bertugas kepada Pemerintahan Periode 2019 - 2024. Semoga tetap Amanah dalam menjalankan segala tugas-tugas nya.
    maaf mas baru bsa on, jdi baru bisa bls kunjungannya kesini hehe...

    BalasHapus
  2. tapi yang lebih menarik perhatian adalah pelantikan founder go-jek sebagai menteri

    BalasHapus
    Balasan
    1. ade di malaysia,,mentri pemuda syed saddiq,ini mude lagi

      Hapus
  3. Politik di negara kita itu unik, kelihatan keras, kasar dan alot dipermukaan sebernarnya dasarnya itu enjoy.
    Kelihatan, yang awalnya menjadi rival, justru kini menjadi bawahannya, atau bisa bekerjasama.
    saya secara pribadi ya lumayan, walau masih banyak kekurangannya

    BalasHapus
  4. semoga saja, kabinet kedua jokowi ini dapat memberi dampak yang baik untuk kemajuan, kesejahteraan yang merata untuk bangsa indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin semoga sajakita lihat dan kawal mas sebagai rakyat hehehehe

      Hapus