Platform Ngeblog Yang Populer Selain Blogger - Alfan Ismail Blog

18 Oktober 2019

Platform Ngeblog Yang Populer Selain Blogger

Bagi kita yang sering ngeblog dan seneng nulis, apalagi seneng berkecimpung didunia blogging sudah nggak asing ya ama platform ngeblog blogger. Nah sebenarnya tempat ngeblog itu gak cuma blogger lo, ada beberapa platform selain blogger yang juga banyak digunakan oleh para blogger (sebutan untuk orang yang suka ngeblog). Semoga info yang akan saya bagikan bisa jadi referensi teman semua para blogger semua. Tentunya masing-masing memiliki kelebihanya masing-masing, dan pilihan itu kan hak masing-masing ya. oke berikut ini beberapa platform ngeblog yang juga asik untuk blogging.

Baru denger, atau mungkin pernah liat iklanya di online? yap, wix sebenarnya memfokuskan layananya ke e-commerce, namun lebih disederhanakan dan diperuntukan untuk kepentingan yang lebih personal. Dengan fungsi e-commerce ( Penyebaran, pembelian, pembayaran, serta pemasaran melalui internet) wix bisa jadi pilihan anda yang ingin mulai berjualan dan membuat toko online berbasis personal web.


Meskipun anda memiliki kontrol yang agak terbatas di platform ini. Kelebihan wix; bandwidth tidak terbatas, integrasi promosi, easy to use, bisa daftar domain custom sekaligus tanpa pindah hosting, storage up to 20GB, pilihan template banyak. Sedangkan kekuranganya; biaya agak mahalan dikit, alat e-comerce nya kurang update, costumisasi terbatas.

Platform ini mungkin akan dilirik oleh para blogger yang ingin mengembangkan branding nya secara profesional. Mengapa saya mengatakan demikian, karena platform typepad mengenakan biaya bulanan, pihak typepad mengenakan carge sekitar $8 atau kisaran 100rban. apa saja yang ditawarkan oleh platform ini; anda memiliki akses penuh kepada blog anda, ruang penyimpanan tidak terbatas, custom unlimited. 


Kekuranganya sudah sangat jelas dari segi biaya, untuk saya dan mungkin sebagian anda yang ingin berfokus menulis dan berbagi cerita, tentu sangat terganggu apabila harus melakukan pembayaran bulanan terkait blog yang kita miliki, karena akan menambah beban biaya pengeluaran.

Tumblr adalah salah satu yang populer juga, platform ini sepenuhnya gratis, kalo menurut saya ini lebih mirip ke micro blogging kayak pesaingnya yaitu twitter, namun dengan kapasitas kata yang sama dengan blogspot, kalo twitter sekitar 400 kata (CMIIW), sedangkan di tumblr tidak terbatas. Namun dengan tampilan medsos seperti twitter. Mungkin lebih tepatnya perkawinan antara twitter dan blogspot dan melahirkan tumblr.


Enaknya lagi bisa dikoneksikan dengan postingan dari blogspot kita, jadi ketika kita posting artikel kita di blogspot atau wordpress, secara otomatis akan tershare juga ke akun tumblr kita. kelebihanya; tersedia 1000an template lebih, costumisasi sangat mudah, user friendly. Kekurangan; sulit melakukan backup data untuk migrasi ke platform lain, plugin terbatas, sulit untuk monetasi.

Nah itu pilihan lain dari platform blog yang mungkin anda gunakan saat ini, atau familiar di telinga anda. Patut dicoba sebagai alternatif ngeblog dan mengantisipasi kejenuhan. semoga infonya bermanfaat ya, silahkan komentar untuk bersiskusi dengan saya.

10 komentar:

  1. Tumblr sempat ngehits banget ya. Waktu itu pengen bikin juga tapi mikirnya kan sudah ada dari blogger. Ternyata emang nggak tahan lama. Kalau yang dua lagi saya baru tahu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalosaya tumbler masih pake sih, tapi jarang diupdet hehehe

      Hapus
  2. wah selain blogger, ternyata ada juga paltfrom lain yang gratis yak

    BalasHapus
  3. No 1 dan no 2 malah baru denger ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya dibanding blogger lebih mudaan yangitu sih mas

      Hapus
  4. Saya pernah mencoba wix, tapi kok tetap lebih mantep dengan blogger.

    BalasHapus