Bagaimana Memilih Domain Yang Baik (Menurut Saya)

Domain ibarat alamat rumah, semakin mudah orang mengingat, besar kemungkinan pula orang sering mampir bersilaturahmi. Begitupun domain, Semakin menarik nama domainkita, semakin unik nama domain kita, semakin mudah ingat pula orang dengan namaitu. Lalu bagaimana cara memilih nama domain yang tepat? apakah ada caranya? untuk cara memilih nama domain masing-masing orang berbeda, apalagi kelasnya master-master website pastilah memiliki trik jitu. Tapi disini saya akan membagikan tips dan trik sesuai kemampuan dan pengalaman saya dalam membangun sebuah website. Bukan kapasitas saya sebagai ahli, namun sekedar sharing, untuk yang lebih tau silahkan tambahkan di komentar nanti ya.


1. Carilah nama yang brandable
Usahakan dalam mencari nama untuk domain yang brandable atau mudah diingat dan di kembangkan, misal kita contoh web besar dunia google, yahoo. Atau web besar indonesia cafebisnis, kwikku dll. Tujuanya apa? agar mudah orang mengingatnya, sehingga orang akan sering berkunjung.

2. Usahakan mudah diketik
Tidak cukup hanya brandable saja, tapi juga mudah di ketik, contoh google akan sangat mudah di ketik dibandingkan dengan stallycioustrickk dan sejenisnya. Sehingga akan mempermudah orang dalam mengaksesnya.

3. Nama yang singkat
Semua sangat berkaitan, brandable, mudah diketik dan singkat. Bayangkan apabila ada nama sebuahwebsite "carajituuntukmenurunkanberatbadansecarasingkat(.)com" tentu orang akan malas untuk mengetikanya di browser dibandingkan "tipsdiet(.)com

4. Target market
Pikirkan terlebih dahulu akan dibawa kemana website anda nantinya? jika anda membangunsebuah website untuk tujuan orang tertentu misalnya indonesia, gunakanlah ekstensi yang tepat. Misal com, co.id, id, web.id dll.


5. Hindari penguunaan angka dan hypen
Maksudnya adalah hindari penggunaan angka dan hypen (tanda baca), dikarekanan penggunaan hypen bisa mengakibatkan nama domain jadi lebih rumit. Misal facebook(.)com menjadi face-book(.)com.

Sebenarnya masih banyak tips-tips yang lain namun karena keterbatasan ilmu yang saya miliki dan kurangnya pengalaman di dunia internet hanya sebagian kecil saja yang bisa saya share sesuai pengalaman saya.


Alfan Ismail
Hallo saya alfan, saya blogger dari cilacap. Saya biasa menulis artikel saya diblog ini, saya suka otak-atik HTML, kopi, dan musik. ayo saling blog walking, tinggalkan komentar pasti saya balas.

Related Posts

20 komentar

  1. Terima kasih tips-tips yang sudah dishare...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama sama mas bro makasih udah berkunjung ya

      Hapus
  2. Betul kang, kalo bisa pilih domain itu yang simpel dan singkat jadinya mudah diingat, kalo yang brandable juga bagus, jadi ciri khas gitu.๐Ÿ˜„

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya yah..tapi ya kadang karena tuntutan sesuatu hal memaksa kita memilih nama domain yang tidak kita inginkan hahahahaha

      Hapus
  3. saya pengwn sih beli domain tpi blom ada uang๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  4. Punya saya malah nggak nyambung sama isinya๐Ÿ˜‚ tapi bagi saya nilai sejarahnya itu yang bikin saya mempertahankankannya. Udah terlanjur cinta....

    BalasHapus
  5. Makasih atas tips dan triknya. Bermanfaat sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya sharing aja kalo tips kayaknya saya blm pengalaman

      Hapus
  6. Pernah pake nama sendiri, udah dua tahunan akhirnya diganti karena mikir "sok ngartis banget aing ya" dan karena namanya emang kepanjangan.

    Baru belakangan ganti jadi yg sekarang, dan kalau temen offline jadi sering dipanggil "Wah, ini nih Arif Kearipan." Ga tau ngejek atau muji.

    BalasHapus
  7. Wauw, kalo aku udah punya banyak follower pengen pake domain sendiri ah ๐Ÿ˜ Biar keliatan profesional gitu hahaha. Percuma ya profesional tapi gak bisa konsisten post blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua diawali niat..gmana mau banyak folower kalo gak dimulai...hejeje intinya yakin...berkarya jangan mengharap imbalan

      Hapus
  8. Makasih tips-tipsnya .. bermanfaat sekali.

    BalasHapus
  9. Apa brandable juga jadi poin penting buat personal blogger? Atau hanya untuk bisnis aja? hehehe

    Bener banget poin terakhir! Dulu saya pernah beli domain berbayar terus namanya dikasih (-) :( hadeuh baru tau nggak boleh gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo bisa yang singkat tapi mudah di ingat

      Hapus
  10. Masuk boskue, suwun infonya sangat membantu. Saya suka blog njenengan

    BalasHapus

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter